10 Kota Paling Dingin di Indonesia, Yang Menyimpan Sejuta Pesona

Posted by in Traveling Tags: on 9 February, 2017 0 comments

6. Gayo Lues, Aceh

Gayo Lues adalah nama salah satu kabupaten paling terisolasi di daerah Aceh. Meski demikian, daerah yang memiliki ketinggian hingga mencapai 1.000 meter dari permukaan air laut ini memiliki banyak sekali potensi daerah. Salah satu yang terkenal hingga seluruh dunia adalah kopinya. Kopi Gayo telah dikenal sebagai salah satu bji kopi paling nikmat yang ada di Indonesia. Tak heran jika harganya sangat mahal.

Kopi Gayo [image source]

Kopi Gayo [image source]

Selain itu, potensi lain yang dimiliki oleh Gayo Lues adalah wisata alam. Banyak sekali pintu-pintu pendakian ke Gunung Leuser dari daerah Gayo Lues. Pemandian air panas juga ada di daerah Kecamatan Puteri Betung. Selain itu Gayo Lues juga penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh karena keadaan udaranya yang dingin sangat pas untuk menanam produk holtikultura.

 

7. Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah

Barurraden adalah nama salah satu kota di Kabupaten Purwokerto. Baturraden terletak di daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 980 meter dari permukaan air laut. Kota kecil ini berada di sebelah selatan dari Gunung Slamet yang membuatnya memiliki udara sangat sejuk saat siang dan dingin saat malam hari.

Air Terjun Baturraden [image source]

Air Terjun Baturraden [image source]

Kawasan ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah. Beberapa di antaranya adalah Air terjun dengan nama Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit jika kita mandi dengan airnya. Selain itu di Baturraden juga terdapat bumi perkemahan yang pernah digunakan sebagai tempat Jambore Nasional. Untuk memperlengkap keindahan Baturraden, hadirlah Kaloka Widya Mandala. Sebuah kompleks wisata edukasi yang menyimpan banyak sekali satwa dari penjuru dunia.

 

8. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

Ciwidey terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kota kecil dengan ketinggian mencapai 1.200 meter dari permukaan air laut ini menyimpan pesona alam yang tiada tara. Salah satu yang paling dikenal adalah adanya Kawah Putih. Tempat menakjubkan ini berada sekitar 44 kilometer dari pusat Bandung. Menurut masyarakat setempat, Kawah Putih ini adalah tempat berkumpulnya para  roh leluhur mereka.

Kawah Putih, Ciwidey [image source]

Kawah Putih, Ciwidey [image source]

Selain Kawah Putih, Ciwidey memiliki pesona lain. Di antaranya adalah perkebunan Rancabali. Di tempat ini kita bisa merasakan sensasi hawa dingin dengan pemandangan perkebunan teh yang sangat luas menghijau. Tak puas jika pergi ke daerah pegunungan tanpa pergi ke pemandian air panas. Di Ciwidey terdapat pemandian air panas Cimanggu dan Walini. Tertarik mengisi liburan ke Ciwidey?

 

9. Lembang, Bandung, Jawa Barat

Mendengar kata Lembang, pasti kita akan terbanyang sebuah observatorium terbesar di Indonesia, Bosscha. Benar hal ini tidak salah, namun kota kecil yang sangat dingin ini menyimpan banyak sekali potensi wisata lain. Terutama yang berhubungan dengan alam. Di dukung dengan lokasinya yang berada di ketinggian antara 1.300 hingga 2.100 meter, Lembang adalah tempat yang pas untuk berlibur dari dunia panas kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

Tangkuban Perau, Lembang [image source]

Tangkuban Perau, Lembang [image source]

Wisata alam yang terkenal di Lembang antara lain Gunung Tangkuban Perahu. Namun tempat ini sudah terlalu populer. Jika ingin sesuatu yang baru bisa mencoba ke Maribaya, sebuah air terjun yang masih sangat alami. Jika ingin menenangkan diri dengan suasana pedesaan yang sangat tradisional, bisa mencoba wisata desa alam yang banyak disuguhkan di Lembang. Tidak bingung memilih, kan?

 

10. Padang Panjang, Padang, Sumatera Barat

Terletak 650 hingga 950 meter di atas permukaan laut, Padang Panjang memiliki udara yang cukup dingin. Tiga gunung mengelilingi Padang Panjang, yaitu Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat.

Tak heran jika Padang Panjang memiliki cuaca yang sejuk. Curah hujan di sini pun cukup tinggi dengan rata-rata 3.295 mm per tahun dan suhu udara terendah 21.8 derajat Celcius.
59717377

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sepuluh kota di atas adalah adalah sebagian kota dingin dengan pesona yang memikat. Masih banyak kota lain yang barangkali lebih menakjubkan. Kita tak perlu ke luar negeri, karena Indonesia memiliki tempat-tempat wisata yang indah dan tidak akan ditemukan di negara lain. Mari berwisata!

 

Baca juga : PERLENGKAPAN YANG WAJIB DI BAWA SAAT BERLIBUR DI MUSIM DINGIN 

Hot News : AYO SERBU KOLEKSI WINTER 2017 DENGAN DISKON HINGGA 50%

Pages:  1 2 3