Pergunungan China Ini Di Selimuti Es

Posted by in News on 19 February, 2018 0 comments

Taman Nasional Huangshan, di Provinsi Anhui, China timur, terkenal dengan gunung granitnya yang dramatis. Banyak di antaranya memiliki ketinggian lebih dari 1.000 meter. Puncaknya yang tajam seolah menusuk lautan awan yang sering menyelimuti wilayah ini. Terselip di antara permukaan batu vertikal adalah air terjun, gua dan sumber air panas.

Gunung Huangshan National ParkHak atas fotoDAVE STAMBOULIS

Selama musim panas, jalur gunung di sini dipenuhi pengunjung. Tapi jika Anda datang di tengah musim dingin, ketika suhu secara teratur turun di bawah titik beku, Anda tidak hanya akan memiliki tempat untuk diri sendiri. Anda mungkin bisa menemukan taman di tempat yang bentuknya paling mencolok.

Huangshan National ParkHak atas fotoDAVE STAMBOULIS

Pada bulan-bulan yang dingin, tetesan air dalam kabut mengkristal dan membekukan pohon-pohon di taman dan mempertajam wajah gunung. Dikenal sebagai hard rime ice, fenomena spektakuler ini biasanya terjadi saat suhu turun antara -2C dan -10C. Bila kondisinya tepat, gunung-gunung terbungkus kerak putih yang berkilau.

Huangshan National ParkHak atas fotoDAVE STAMBOULIS

Kondisi utama Huangshan, yang ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia Unesco pada tahun 1990, adalah sangat lembab. Pada musim panas, ada lebih dari 300mm curah hujan per bulan. Di musim dingin, kabut tebal yang muncul setelah badai bisa berlangsung berhari-hari, menciptakan kondisi yang mengarah pada pembentukan es di malam hari.

Huangshan National ParkHak atas fotoDAVE STAMBOULIS

Es cukup padat dan bisa tumbuh dalam jangka waktu yang lama, menempel pada pepohonan dan puncak gunung. Kabut bergerak dengan angin dingin, menghasilkan jarum putih runcing dan pohon es yang sarat dengan warna putih di satu sisi, namun tandus di sisi lain.

Huangshan National ParkHak atas fotoDAVE STAMBOULIS

Walau serpihan es tidak unik di pegunungan ini, pohon pinus yang keriput dan menonjol tumbuh di pegunungan itu. Pinus Huangshan tumbuh di lereng terjal dan terjal dan endemik di pegunungan Cina Timur. Pohon-pohon yang berkerut menonjolkan pemandangan yang dramatis, yang telah mengilhami pelukis dan penyair Cina selama ratusan tahun, dan konon merupakan inspirasi bagi Pegunungan Hallelujah di film pemenang penghargaan Hollywood, Avatar.

Huangshan National ParkHak atas fotoDAVE STAMBOULIS

Dalam sebuah puisinya yang bertajuk Dawn Vista on Huangshan, penyair abad ke-8 menulis: “Matahari pagi menerjang puncak pohon, di sini, di dunia pegunungan ini. Orang-orang China, angkat wajah Anda!” Pemandangan yang digambarkan Li masih menawan hari ini seperti ratusan tahun yang lalu – terutama saat dilapisi es.

source : BBC Indonesia