6 Negara Bersalju Yang Bebas Visa

Posted by in News, Traveling on 24 February, 2018 1 comment

6 Negara Bersalju – Setiap orang Indonesia, termasuk saya sendiri, tentunya berharap bisa menikmati salju paling tidak sekali dalam seumur hidup. Namun, hal ini terkadang memang sulit dicapai karena ribetnya proses pengurusan visa dan biaya untuk berkunjung ke tempat yang terkenal akan musim dinginnya seperti di Eropa dan Amerika.

“Biarkan Salju Turun! Biarkan Salju Turun!”

Bagaimana jika saya beritahu kalau kamu tidak perlu repot mengajukan visa untuk mencontreng ‘liburan musim dingin bersalju’ dari bucket list kamu? Siapkan paspor Indonesia kamu dan kemas semua perlengkapan musim dinginmu karena liburan musim dingin impianmu akan segera terwujud di negara-negara bersalju bebas visa berikut ini!

1. Korea Selatan (Pulau Jeju)

asia winter visa free

Image credit: Roistudio

Rute penerbangan yang tersedia: Jakarta ? Kuala Lumpur / Hong Kong / Bangkok ? Pulau Jeju
Durasi bebas visa: 30 hari

Kebijakan visa khusus untuk Pulau Jeju berlaku bagi wisatawan Indonesia yang terbang langsung ke Pulau Jeju tanpa melalui Seoul. Meskipun tidak ada penerbangan langsung dari Indonesia, kamu bisa transit di negara bebas visa lainnya seperti Kuala Lumpur, Bangkok maupun Hong Kong. Tahukah kamu kalau AirAsia akan membuka rute penerbangan langsung dari KL ke Pulau Jeju mulai dari Desember 2017 ini? Segera dapatkan tiket promonya sebelum habis terjual!

south korea

Cara lain bagi WNI untuk masuk ke Korea Selatan tanpa visa hingga April 2018adalah melalui Bandara Internasional Yangyang dalam rangkaWinter Olympics alias Olimpik Musim Dingin PyeongChang. Memang belum ada penerbangan langsung dari Indonesia ke Yangyang, namun bisa saja penerbangan tersebut akan segera tersedia menjelang perhelatan Winter Olympics. Simak terus artikel ini untuk update terbarunya.

Dengan kedua kebijakan khusus ini, Korea berhasil masuk ke dalam daftar negara bersalju bebas visa yang bisa kamu kunjungi!

2. Jepang

Image credit: Colin Tsoi

Rute penerbangan yang tersedia: Jakarta ? Tokyo / Osaka
Durasi bebas visa: 15 hari

Kalau kamu adalah pemegang E-paspor Indonesia, kamu bisa menikmati kemudahan bebas visa untuk ke Jepang selama 15 hari! Sebelum ke Jepang, pastikan kamu sudah mengurus pendaftaran paspor kamu di konsulat Jepang terdekat, paling tidak 3 hari sebelum keberangkatanmu.  Kalau kamu sudah pernah mengurus bebas visa Jepang dengan E-paspor kamu, kamu bisa langsung menggunakan paspor kamu untuk ke Jepang tanpa visa secara bebas selama 3 tahun setelah pendaftaran!

3. Vietnam

Vietnam

Image credit: Hoang Giang Hai

Rute penerbangan yang tersedia: Jakarta ? Hanoi (via Kuala Lumpur) / Ho Chi Minh City
Durasi bebas visa: 30 hari

Wah, tunggu dulu, ada salju di Vietnam?! Percaya atau tidak, memang ada! Bahkan, pada Januari 2016 yang lalu, daerah pegunungan di Vietnam utara ini diselimuti salju dan suhu terendah yang tercatat di Sapa mencapai -5 derajat. Siapa yang menyangka jika kamu bisa menikmati musim dingin dan salju di negara tropis Asia Tenggara ini! Meskipun saat kamu mengunjungi tempat ini belum tentu akan bersalju, udara yang sejuk dan pemandangan yang menakjubkan tentu bisa menebus kekecewaanmu!

4. Myanmar

Image credit: Renan Ozturk

Rute penerbangan yang tersedia: Jakarta ? Kuala Lumpur / Singapura Yangon
Durasi bebas visa: 14 hari

Negara bersalju bebas visa tak terduga lainnya yang masuk ke daftar ini adalah Myanmar (Burma). Meskipun sebagian besar negara ini mengalami iklim tropis, kamu bisa menikmati suasana musim dingin di daerah utara Myanmar khususnya di Putao. Sebagai kota paling utara di Provinsi Kachin, kamu bisa melihat pegunungan yang diselimuti salju di Putao dan merasakan layaknya berada di Pegunungan Himalaya. Beragam paket tur pendakian mulai dari tingkat pemula sampai tingkat lanjut tersedia di Putao. Jika kamu adalah pendaki gunung sejati, kenapa tidak coba untuk menaklukkan Hkakabo Razi, gunung tertinggi di Myanmar?

5. Belarusia

Image credit: Belarus.by

Rute penerbangan yang tersedia: Jakarta ?  Istanbul / Abu Dhabi ? Minsk
Durasi bebas visa: 5 hari

Kebijakan khusus yang baru disahkan pada bulan Februari 2017 ini memungkinkan wisatawan asal Indonesia untuk berkunjung bebas visa ke Belarusia selama 5 hari. Hanya dengan masuk melalui Bandara Internasional Minsk, kamu sudah bisa menjelajahi kota di Eropa Timur ini yang mempunyai arsitektur khas Soviet. Salju yang menyelimuti Kastil Mirsky saat musim dingin juga akan membuat pengalamanmu di Belarusia semakin menarik!

6. Chili

Image credit: Leonardo Shinagawa

Rute penerbangan yang tersedia: Jakarta ?  Sydney ? Santiago de Chile
Durasi bebas visa: 90 hari

Meskipun jauh di Benua Amerika, Chili memberikan kemudahan bebas visa bagi WNI hingga 90 hari. Negara yang dilalui oleh Pegunungan Andes ini menawarkan beragam aktivitas menarik mulai dari pendakian hingga olahraga ski yang bisa dilakukan ketika musim dingin tiba. Tentunya, kamu bisa menikmati salju sepuas mungkin di sana dan jangan lupa untuk menyediakan semua perlengkapan musim dinginmu ya!

Nah, sekarang kamu tinggal pilih lokasi liburan musim dinginmu dari daftar di atas! Negara bersalju bebas visa mana yang akan kamu kunjungi?

Source : https://www.tripzilla.id/negara-bersalju-bebas-visa-untuk-wni-indonesia/2232