Mengenal Jaket, Sweater dan Mantel

Posted by in Tips, Traveling, Winter, Winter Wear Tags: on 9 May, 2016 0 comments

Mengenal Jaket, Sweater dan Mantel

Pada musim hujan, biasanya orang-orang membutuhkan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh seperti Jaket, Sweater dan Mantel . Namun sebagian orang sulit membedakan apa perbedaan dari ketiganya. Jaket, Sweater dan Mantel adalah beberapa macam pakaian yang dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh ketika suhu udara disekitar kita sedang dingin. Namun adakah yang tau perbedaan dari ketiga macam model pakaian musim dingin tersebut. untuk itu laxmiwinterwear ingin mengajak anda mengenal  Jaket, Sweater dan Mantel lebih dekat, Check it Out

Jacket

Ski Jacket Red Ski Jacket PinkMengenal Jaket, Sweater dan Hoodie

Jaket adalah baju luar yang panjangnya hingga pinggang atau pinggul, dipakai untuk menahan angin dan cuaca dingin. Bukaan jaket terletak di bagian depan dari leher ke bawah.bahan yang dipakai untuk membuat jaket ada banyak sekali, tetapi yang paling umum adalah bahan Kulit, Denim, Parasut, dan Canvas. Jaket memiliki bahan yang tebal agar tahan terhadap angin dan biasanya memiliki lapisannya lagi pada bagian dalam yang berguna untuk menghangatkan tubuh. Bagian depan jaket juga memiliki pembuka seperti resleting atau kancing.

Saat ini jaket juga mulai berkembang dan memiliki jenis dan model yang berbeda-beda, salah satunya adalah jaket parka yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini. Jaket Parka identik dengan sebuah jaket yang memiliki penutup kepala atau tudung, dengan memiliki panjang jaket yang sampai ke paha atau lutut. Saat pertama kali dibuat jaket parka menggunakan kulit rusa, namun seiring perkembangan zaman jaket parka ini dibuat juga dengan bahan yang ringan seperti Wol, Polyster dan Nilon.

Sweater

daleofno_boystmoritzsweater_navynachtvi

Sweater jika kita artikan ke dalam bahasa indonesia adalah penghangat. Jadi kegunaan sweater adalah sebagai penghangat. Berbeda dengan jaket, sweater adalah outerwear berkontur tebal dengan bahan yang lembut dan hangat. Sweater merupakan terusan, tanpa kancing atau resleting. Sweater juga didesain tidak menggunakan tudung kepala.

Bahan yang biasa digunakan oleh sweater adalah Kain wool, bahan sintetis, katun, fleece, baby terry dan lain sebagainya. Sweater merupakan outerwear atau pakaian luar yang serbaguna dan dapat dipakai diatas berbagai pakaian seperti kemeja, kaos, blues dan lainnya.

Sweater pada awalnya adalah pakaian rajut untuk menutupi badan hingga lengan. Sweater juga memiliki beberapa jenis yang biasa kita sebut cardigan atau pullover. Cardigan memiliki bagian pembuka pada bagian depannya, sedangkan jika pullover tidak ada pembukanya. Ada juga sweater yang tidak memiliki lengan yang biasa disebut dengan rompi atau vest sweater.

Mantel

Twiggy Coat BeigeMantel (bahasa Inggris: coat) adalah baju panjang yang dipakai oleh laki-laki dan perempuan untuk melindungi tubuh agar tetap hangat, dan sekaligus bagian dari gaya busana. Mantel dipakai sebagai pakaian luar. Pada musim dingin sering dipakai di atas rompi, setelan jas, cardigan, baju hangat, hingga seragam militer.

Mantel biasanya berlengan panjang dan memiliki bukaan di depan yang bisa ditutup dengan kancing atau ritsleting, velcro, sabuk, atau kombinasinya. Sebagai hiasan, mantel sering diberi kerah dan epolet. Mantel segala cuaca dibuat dari tekstil sintetis yang tahan air, sementara mantel musim dingin dibuat dari kain wol. Mantel dari kulit dan bulu binatang disebut mantel bulu.

Mantel lebih panjang dari jaket, biasanya hingga di atas lutut. Panjang jaket hingga sekitar pinggang, sementara mantel panjang (overcoat) hingga sampai di bawah lutut. Jas hujan adalah mantel tahan air yang dibuat dari bahan plastik, dan bisa dilipat ketika sedang tidak dipakai.

jadi kesimpulan yang singkat dari artikel Mengenal Jaket, Sweater dan Mantel sebagai berikut:

Jaket: Pakaian Luar Yang memiliki bahan tebal untuk melindungi badan dari angin dan udara dingin.
Sweater: Penghangat badan yang memiliki bahan lebih halus dibandingkan jaket, biasanya berbahan rajutan.
Mantel: Mantel biasalnya lebih panjang dari pada jaket dan Sweater.

Semoga Bermanfaat.