Perlengkapan Yang Wajib di Bawa saat Berlibur di Musim Dingin

Posted by in Tips, Traveling, Winter, Winter Wear Tags: , , , on 16 May, 2016 2 comments

Perlengkapan Yang Wajib di Bawa saat Berlibur di Musim Dingin

Kita Semua pasti tahu dong kalau di Indonesia itu hanya terdapat dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Berbeda dengan negara-negara seperti Korea, Jepang, dan Benua Eropa yang punya lima musim termasuk di dalamnya adalah musim dingin atau musim salju. Tak jarang banyak masyarakat Indonesia yang suka berlibur ke negara-negara yang punya musim dingin. Ya maklum sih karena orang Indonesia mungkin sudah terlalu lelah dengan sinar terik matahari yang membakar kulit. Saat sudah memasuki libur natal dan tahun baru yang juga bertepatan dengan musim dingin di beberapa negara, orang Indonesia berburu tiket serta paket wisata ke negara-negara tersebut. Masyarakat Indonesia yang termasuk ke dalam masyarakat tropis belum tentu kuat menghadapi musim dingin yang super duper dingin. Nah kalau kamu punya rencana liburan saat musim dingin/saju, kamu gak boleh lupa membawa Perlengkapan Yang Wajib di Bawa saat Berlibur di Musim Dingin berikut ini ya.

1. Baju Thermal/Longjohn

Perlengkapan Yang Wajib di Bawa saat Berlibur di Musim DinginPerlengkapan Yang Wajib di Bawa saat Berlibur di Musim Dingin yang pertaman adalah Baju thermal atau longjohn adalah baju yang kamu pakai setelah pakaian dalam. Baju thermal punya bahan katun, atau polyester hingga wool yang bisa membuat tubuh tetap hangat. Baju thermal/longjohn ini punya ukuran yang pas dengan badan atau ketat, serta biasanya terdiri dari atasan dan bawahan seperti legging. Namun ada pula bentuk longjohn yang bagian atas dan bawah nya menyambung seperti baju bayi yang dilengkapi dengan deretan kancing di bagian depan.

2. Sweater

Perlengkapan Yang Wajib di Bawa saat Berlibur di Musim DinginPerlengkapan Yang Wajib di Bawa saat Berlibur di Musim Dingin selanjutnya adalah Sweater. Suhu di musim dingin bisa mencapai 0 derajat hingga minus berapa derajat. Gak kebayang dong gimana dinginnya? Maka dari itu, kamu wajib memakai sweater agar tubuh kamu tetap hangat. Bahkan karena terlalu terbiasa dengan cuaca panas di Indonesia, gak heran sweater yang dipakai bisa sampai berlapis-lapis. Wajar saja kok. Pilih sweater dengan bahan tebal seperti wool dan fleece. Kamu juga boleh memilih sweater turtleneck yang membantu melindungi leher kamu dari udara dingin.

3. Jaket/Coat

ski_2Jika lapisan longjohn dan sweater masih belum membuat tubuh kamu cukup hangat, kamu harus menggunakan jaket atau coat. Lebih baik menggunakan jaket dengan bahan bulu angsa yang punya kemampuan menjaga tubuh terasa tetap hangat. Beberapa jaket terlihat tebal namun nyatanya gak begitu menghangatkan tubuh kamu. Pilihan dari jaket atau coat sendiri sudah banyak banget jenis dan style nya mulai dari jaket sepanjang pinggang, pinggul atau bahkan overcoat.

4. Kaos Kaki Lengkap dengan Sepatu

Perlengkapan Yang Wajib di Bawa saat Berlibur di Musim DinginAssesories juga menjadi Perlengkapan Yang Wajib di Bawa saat Berlibur di Musim Dingin.Saat liburan di musim dingin sering kali hujan salju turun hingga jalanan ditutupi salju dan licin. Kamu wajib untuk memakai sepatu dengan alas sepatu yang bergerigi, baik itu sepatu boot atau sepatu olahraga. Dengan alas sepatu yang bergerigi akan menghindari kamu terjatuh dan terpeleset karena licin nya jalanan. Pakai kaos kaki serta sepatu yang punya bahan tebal dan gak tembus air ya. Salju itu bagaikan es yang diserut, jadi kalau sepatu kamu gak tahan air pasti bisa menyebabkan kaos kaki dan sepatu menjadi basah dan dikhawatirkan membuat kamu masuk angin.

5. Syal

Perlengkapan Yang Wajib di Bawa saat Berlibur di Musim DinginAksesoris yang wajib kamu bawa adalah syal. Kini beragam jenis syal dengan model dan motif sudah banyak dijual loh. Syal bisa mendukung penampilan kamu makin oke dan stylish, dan gak ketinggalan juga punya manfaat atau keuntungan lebih yaitu membuat bagian leher kamu makin hangat. Syal yang cocok dipakai di saat musim dingin adalah syal dengan bahan wool yang punya ukuran panjang sehingga bisa dililitkan di leher kamu.

6. Hat & Beanie

Perlengkapan Yang Wajib di Bawa saat Berlibur di Musim DinginKamu pasti tahu dong gimana dinginnya salju? Salju itu bagaikan es serut , tapi teksturnya lebih lembut. Hmm bayangin deh kamu lagi asik liburan musim dingin, tiba-tiba salju turun. Wah kayaknya pusing juga kalau misalnya salju menumpuk di kepala kamu, bisa tambah kedinginan. Jadi untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu wajib banget bawa beanie untuk melindungi kepala kamu dari udara super dingin di musim salju. Pakai beanie yang bisa menutupi bagian telinga kamu juga Lho, karena telinga adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif terhadap suhu dingin. Kalau kamu gak mau pakai beanie, kamu juga boleh kok memilih earmuffs untuk melindungi telinga mu dari suhu udara super dingin. Kamu tahu dong apa itu earmuffs? Ya pelindung telinga yang punya bentuk seperti headphone. Pilih salah satu ya, dan tergantung dengan keinginan dan style kamu.

7. Sarung Tangan
banner 430 x 606 px_sarung tangan

Liburan di musim dingin tak lengkap rasanya kalau tidak bermain salju. Iya dong, kesempatan untuk memegang salju atau ala-ala membuat boneka salju dan bermain perang salju pasti sangat menyenangkan. Tapi kamu yakin mau melakukan kegiatan tersebut tanpa menggunakan sarung tangan? Waduh.. Bisa-bisa nanti telapak tangan kamu jadi membeku dan kering pecah-pecah hingga mati rasa loh. Gak mau dong liburan kamu jadi gak seru, makanya sarung tangan adalah perlengkapan yang wajib kamu bawa. Pilih sarung tangan yang berbahan wool atau kulit agar tangan kamu tetap hangat.

8. Pelembab dan Lip Care
004-010abc__2_2Essential Care

Apa kamu tahu kalau musim dingin bisa membuat kulit menjadi kering, gatal, dan mudah teriritasi? Ya kulit kering yang disebabkan oleh cuaca itu memang sering terjadi. Makanya menggunakan pelembab itu sangat-sangat penting di musim dingin untuk mencegah kulit kering dan teriritasi. Pelembab yang dibutuhkan itu bukan hanya sekedar pelembab untuk wajah saja nih, namun juga pelembab untuk tubuh seperti body butter/lotion serta pelembab untuk bibir agar tidak pecah-pecah yaitu lipbalm. Jadi jangan lupa untuk selalu membawa pelembab ketika ada rencana liburan di musim dingin.

9.Heater Portable

Udara akan terasa semakin dingin dan suhu akan semakin turun pada malam hari. Mungkin untuk sebagian orang, selimut dan baju tebal itu gak cukup. Walaupun sudah memakai perlengkapan tersebut, masih saja tubuh menggigil kedinginan dan menyebabkan jadi sulit untuk tidur. Jawaban dari permasalahan ini adalah dengan membawa heater portable. Bentuk nya itu hampir mirip seperti kipas angin portable kotak dan bertenaga listrik, heater portable berbentuk kotak juga tapi bertenaga gas dan listrik (sebagai pemantik). Namun, heater portable ini cuma jadi option kalau di hotel yang akan kamu tempati gak ada heater nya ya.

10.Obat-obatan

Obat Obatan juga merupakan Perlengkapan Yang Wajib di Bawa saat Berlibur di Musim Dingin yang tidak kalah penting.Cuaca yang sangat jauh berbeda dengan Indonesia dikhawatirkan akan membuat tubuh kita kaget dan berakibat jatuh sakit. Kalau kondisi tubuh menurun, berbagai penyakit akan jauh lebih mudah untuk menyerang tubuh kita. Liburan jadi gak seru dong kalau misalnya kita tiba-tiba sakit. Penyakit seperti pilek, batuk hingga masuk angin adalah beberapa penyakit yang sering menyerang ketika kita berada di musim dingin/musim salju. Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan dan vitamin agar tubuh kamu tetap bugar. Kalau kamu mempunyai penyakit-penyakit tertentu, jangan sampai lupa untuk membawa obat sesuai dengan resep dokter ya.

Kalau kamu ada rencana liburan ke luar negeri pada musim dingin, itu dia perlengkapan yang wajib banget kamu bawa. Kalau mungkin kamu sering melihat di televisi, orang-orang luar negeri hanya memakai 2 lapis pakaian di musim dingin. Eiiitss.. Kamu jangan ngikutin mereka cara mereka ya dengan memakai sedikit lapisan baju. Berbeda dengan mereka, masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan cuaca panas dan udara tropis, jadi lebih baik memakai pakaian berlapis-lapis daripada pakaian tipis dan akhirnya jatuh sakit.

Semoga Bermanfaat.