Saatnya Menikmati Musim Dingin di Australia

Posted by in Tips, Traveling, Winter Tags: , , , on 2 July, 2016 0 comments

Saatnya Menikmati Musim Dingin di Australia

Selamat datang di musim dingin Australia, suatu musim yang begitu beragam layaknya negeri ini.

Musim dingin di Australia berlangsung dari Juni hingga Agustus di hampir seluruh penjuru negeri. Kendati terletak di khatulistiwa selatan, salju juga turun di sana. Pegunungan bersalju membentang dari kawasan New South Wales dan Victoria. Di New South Wales salju menutupi gunung tertinggi Australia yaitu Gunung Kosciuszko yang tingginya seperempat dari tinggi Gunung Everest. Curah hujan salju juga cukup tinggi di High Country, kawasan pegunungan di Victoria yang hanya beberapa jam dari pusat kota.

Selama musim dingin di Victoria, Anda akan menemukan ratusan lereng ski di berbagai lokasi pegunungan terbaik. Semuanya merupakan tamasya sehari ke utara dari Melbourne. Gunung Donna Buang dan Gunung Baw Baw dapat dilakukan dalam satu hari perjalanan jika Anda bangun pagi-pagi sekali. Belum bisa main ski? Tenang saja, hampir setiap resor salju di Australia menawarkan sekolah ski untuk semua kalangan usia. Resor Thredbo, Perisher, Charlotte Pass atau Falls Creek bisa jadi pilihan.

Anda juga dapat meluncur dengan papan luncur salju melintasi half pipe dan terrain park di Gunung Hotham atau di lereng bukit Gunung Buffalo. Pilihan seru lain adalah mengikuti penjelajahan dengan sepatu salju dari Gunung Baw Baw menuju Gunung St Gwinear dan naik toboggan atau kereta luncur di Lake Mountain yang permai. Cobalah juga snow tubbing atau sledding yang sangat menyenangkan. Sekadar membuat boneka dan perang salju juga mengasyikkan lho.

Saat berwisata ke gunung salju, Anda akan melihat binatang-binatang khas Australia berkeliaran. Mungkin saja ketika Anda bermain ski akan bertemu dengan kanguru, wombat, burung-burung cantik atau koala. Sungguh pengalaman berski khas yang hanya ada di Australia.

article-2093450-1185D746000005DC-785_964x487
Di pegunungan Blue Mountains ribuan orang datang untuk merayakan Yulefest dengan perapian hangat, santap malam aneka panggangan, bernyanyi bersama dan terkadang menikmati turunnya salju. Anda dapat menikmati santapan yang lezat berupa kalkun isi dan ham, anggur hangat berempah dan puding prem.

Agar lebih puas, menginaplah di Katoomba yang berpemandangan gunung berpesona magis serta ramai oleh berbagai kafe yang nyaman, toko barang antik dan toko buku bekas. Carilah penginapan elegan di Leura yang dilingkupi taman indah mengitari Megalong Calley. Anda bisa bersenandung sembari duduk di samping piano di Leura, bahkan bercengkerama dengan banyak orang di depan perapian yang hangat di Mount Victoria atau nikmati santap malam romantis berpenerang lilin di Blackheath, kota tertinggi di gunung itu.

Pada bulan Juni dan Juli suhu di Sydney turun hingga 8-15 derajat Celcius, namun kota ini tetap terasa hangat dengan berbagai festival. Vivid Festival atau festival cahaya membuat Sydney disorot cahaya dengan pola-pola cantik selama sebulan penuh. Di Aroma Coffee Festival di The Rock pengunjung bisa mencicipi bermacam-macam kopi (dan coklat) dari berbagai belahan dunia sembari menikmati pertunjukan musik. Kalau ingin melihat salju, kunjungi Snowy Mountain yang bisa dicapai 6 jam bermobil dari Sydney.

Siap liburan musim dingin dimulai dari Sydney, Melbourne atau kota lain di Australia? Sebelum berlibur, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tujuan wisata yang ingin Anda kunjungi di Australia. Jangan Lupa Siapkan segala perlengkapan, seperti pakaian Musim dingin, obat – obatan serta surat surat seperti pasport, visa dan lainnya.

Selamat Berlibur di Negeri Kangguru 😀

Sumber : tempo.co/Musim Dingin di Australia