TIPS MENYIAPKAN PAKAIAN UNTUK LIBURAN MUSIM DINGIN

Posted by in Traveling, Uncategorized Tags: , on 3 August, 2018 0 comments

 

Perlengkapan Yang Wajib di Bawa saat Berlibur di Musim DinginLaxmiwinterwear.com – Buat temen-temen (khususnya cewek nih), lupakan dulu gaya atau penampilan. Jangan buru-buru tergoda untuk belanja winterwear mahal. Karena model dan harga belum tentu dapat melindungi kita dari suhu dingin.

Memilih pakaian untuk suhu rendah itu sangat penting. Hal pertama yang harus dipahami adalah tentang material yang digunakan dalam pakaian kita. Baju yang kita kenakan sehari-hari di Indonesia yang tropis ini rata-rata berbahan katun. Katun menyerap keringat, dan adem di kulit. Tapi, justru bahan inilah yang harus kita hindari saat berada di daerah bersuhu rendah atau ekstrim. Bahan pakaian yang kita kenakan di musim dingin haruslah yang bersifat “thermal insulator”. Insulator adalah bahan yang dapat mencegah penghantaran panas.

 

Ada beberapa jenis material pakaian pelindung dingin yang bersifat insulator:

– Bahan wool atau fleece dari bulu biri-biri

– Bahan angora fleece atau dari bulu kelinci angora

– Jaket berisi down feather atau bulu angsa (jaketnya biasanya bergelembung)

– Bahan Polar Fleece (bahan sintetis, teksturnya lembut seperti flanel, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis)

– Sintetis, dari yang berteknologi canggih sampe yang pasaran (Primaloft, Gore-Tex, nylon, polyester, acrylic, polyamide, lycra)

– Kulit, tapi ngga disarankan untuk musim dingin. Musim semi boleh lah.

Sedangkan lapisan pakaian yang kita pakai di suhu dingin itu paling tidak:

– lapisan dalam setelah underwear

– pakaian luar

– jaket/coat

 

Nah, sebisa mungkin sih semua lapisan itu tidak ada yang berbahan katun. Atau, kalo masih agak2 kuat, sedikit aja deh persentase bahan katunnya.

Memakai pakaian berlapis-lapis di saat winter memang salah satu kunci utama untuk menjaga tubuh tetap hangat. Lebih baik memakai pakaian tipis tapi berlapis-lapis dan bermaterial insulator daripada mengenakan satu jaket tebal. Karena, tiap lapisan insulator akan membantu menghambat panas tubuh terbuang ke luar.

Lapisan dalam atau longjohn yang bersifat insulator akan berguna banget sebagai penahan penguapan panas tubuh. Biasanya longjohn terbuat dari bahan nylon atau lycra di sisi luar, dan bahan polar fleece atau flannel di sisi dalam. Ada juga yang separo katun, separo wool dsb. Pakaian luar seperti kaos, kemeja, atau sweater, usahakan cari yang berbahan acrylic, ployamide, polyester atau nylon, wool, angora fleece atau campuran dari bahan2 tadi. FYI,

sweater dari bahan acrylic jauh lebih murah dari bahan wool, tapi sama-sama anget

Pilihan coat bisa macam-macam. Ada bahan fleece atau wool tebal, ada yang disebut down coat yaitu jaket yang modelnya gelembung-gelembung kaya kasur kapuk, yang berisi ‘down’ atau lapisan tertentu dari bulu unggas. Biasanya sih bulu angsa. Ada lapisan bulu dari unggas tersebut yang melindunginya dari kedinginan, berfungsi sebagai insulator juga bagi dirinya. Bulu-bulu ini biasanya suka rontok dan nempel disekitar sarang, dan inilah yang dikumpulkan untuk dijadikan lapisan selimut, bantal, dan jaket. Makanya harganya mahal, karena harus dikumpulkan dan bukan buatan pabrik.

 

 

Pakaian Pelengkap

 

Selain pembungkus tubuh bagian atas, jangan lupakan pelengkap berikut ini:

– Sarung tangan (bahan kulit/polar fleece/wool/angora)

– Topi winter (bahan polar fleece/acrylic/wool/angora) yang juga melindungi telinga

– Syal leher (Acrylic/wool/angora/polar fleece)

– Penutup telinga (ear muff) jika perlu

Telapak tangan, leher, kepala, telinga dan kaki adalah bagian-bagian tubuh yang paling rentan kehilangan panas tubuh. Mereka yang paling sering terekspos. Jika dinginnya tidak terlalu dingin, usahakan selalu melindungi telinga dan leher.

– Sepatu boot kulit atau sintetis. Saran saya sih pilih yang solnya tebal, hak datar tidak tinggi dan bergerigi seperti sepatu tentara. Selain nyaman dibawa jalan, bisa mencegah kepleset diatas jalanan bersalju. Jangan pakai boots dengan hak kayu dan sol yang tipis, karena mudah jebol dan ngga melindungi kaki dari kedinginan.  Boots kaya gini cocoknya dipakai saat musim semi atau musim gugur.

Sepatu boot kulit akan menjaga agar kaki selalu hangat. Entah kenapa, beberapa teman yang pernah tinggal di luar negeri berkali-kali mengingatkan, “make sure your feet aren’t wet! keep it dry and warm!”.

Bahan kulit disarankan karena kulit merupakan material alami yang masih memungkinkan kulit kita bernafas. Jadi, cukup mencegah kaki basah karena keringat. Tapi kalau nemunya bahan sintetis ngga apa-apa. Tentu saja kaos kakinya juga harus dari bahan alami seperti wool.

 

Detail lebih lanjut tentang dimana bisa memperoleh barang2 ini, tentu aja ada di Laxmiwinterwear.com disini dijual berbagai kebutuhan untuk keperluan musim dingin ( winter)

Dari mulai Topi sampai  dengan sepatu. Dan akesoris pendukung lainnya juga ada

Nah, untuk kamu yang mau datang langsung ke toko, silahkan Datang aja Laxmi winter wear ada di

  • Pecenongan

Jl pecenongan raya no 17 b Gambir-Jakpus

021 3848250

  • Kemang

Jl Kemang Raya no 6D kemang Jaksel

021-7198789

  • Senayan city

Senayan city Mall Unit 4-52 Jaksel

021-72781260

  • Aeon Mall BSD City

Jl. BSD Raya Utama, Lt. 1 Unit 1-42 Tangerang

021-22232822