musim dingin di jepang

Aktivitas Seru Musim Dingin di Jepang

Musim dingin di Jepang – Musim dingin sudah datang dan banyak orang sudah mulai sibuk merencanakan liburan akhir tahunnya. Banyak destinasi wisata yang menarik tapi menikmati musim dingin di Jepang sering menjadi pilihan bagi para wisatawan untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Tidak heran lagi, keunikan budaya, enaknya kuliner lokalnya lengkap dengan kecantikannya saat musim dingin susah dikalahkan!

Meski biaya jalan-jalan ke Jepang sering dianggap mahal, kamu masih bisa kok menikmati liburan tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam asal tahu cara berhemat! Ini dia 7 aktivitas musim dingin di Jepang yang asik dan cara menghemat biaya kalau mau kesana:

1. Menikmati Salju Sambil Main Ski

ski

SKI

Sudah jauh-jauh sampai Jepang, harus dong mencoba aktivitas yang tidak bisa kamu lakukan di Indonesia: main ski! Dari Desember setiap tahunnya, ada banyak resort ski di Jepang yang bisa kamu kunjungi kalau ingin mencoba olahraga salju yang satu ini. Permainan salju lainnya yang bisa kamu coba juga termasuk snowboarding, tubingsnow rafting dan banyak lagi.
Salah satu destinasi favorit wisatawan saat mengunjungi Jepang di musim dingin untuk main salju adalah Hokkaido. Daerah Hokkaido, di bagian utara, merupakan salah satu tempat terdingin di Jepang yang mendapatkan salju terbanyak saat musim dingin. Keindahan bentang alamnya saat musim dingin tidak perlu ditanya lagi deh! Beberapa resort ski ternama di Hokkaido yang bisa kamu kunjungi termasuk Kiroro Resort dan Niseko United Ski Resort.

Pro-Tip: Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Kalau kamu ingin memaksimalkan waktumu saat mengunjungi Sapporo, Hokkaido, gunakan paket main ski di Kiroro Resort yang satu ini. Selain main ski, kamu juga bisa mengunjungi Kanal Otaru yang sangat terkenal untuk keindahan pemandangan malamnya atau memilih untuk menikmati berendam di onsen kalau ingin beristirahat! Lengkap juga kan isi paketnya? Dari 19 hingga 31 Desember, kamu hanya perlu membayar ~Rp 910.000 IDR (UP Rp 1.535.000) per orang untuk paket satu hari ini karena diskon spesialnya. Hemat hampir Rp 600.000 lo!

image31

Kanal Otaru

Kalau kamu mengunjungi Tokyo dan bukan Hokkaido, tenang saja! Banyak juga kok ski resort yang bisa kamu kunjungi dari sana. Salah satunya, Snow Town Yeti Ski di Gunung Fuji. Bahkan resort ini buka mulai dari bulan Oktober jadi kamu masih bisa coba main ski meski mengunjungi Jepang sebelum musim dingin mulai.

2. Berlayar Menyusuri Lautan Es ala Kutub Utara

Mau merasakan kehidupan para pelayar kapal di kutub? Tidak perlu sampai kutub, di Jepang juga bisa!

cruise1

Berlayar di tengah Es

Sembari menikmati pemandangan, kamu juga akan melihat kehidupan binatang liar langka seperti burung elang laut Steller yang beristirahat di atas bongkahan es.
cruise2

burung-burung di tengah es

Pro-Tip: Kamu masih bisa menikmati pelayaran kapal pesiar ini kalau datang di musim lain. Hanya saja, pemandangan yang akan kamu lihat pastinya berbeda dengan musim dingin. Di musim lainnya, kamu bisa melihat ikan paus dalam habitat aslinya beserta pemandangan lautan yang biru.

Berendam dan Menghangatkan Diri di Kota Onsen Tertua Jepang

image15

Pemandian air panas di kota onsen

Saat cuaca sedang dingin, paling enak kalau berendam dalam air panas! Lebih enak lagi kalau sambil berendam, kamu juga bisa mendapatkan khasiat jitu airnya untuk kesehatan. Inilah yang namanya berendam di onsen – permandian air panas Jepang yang penuh keuntungan untuk kesehatan kita.

onsen

pemandian air panas menjadi pilihan para pengunjung

Arima Onsen, di daerah pegunungan Rokko dekat kota Kobe, merupakan kota onsen yang terkenal di Jepang. Kota onsen ini ditemukan lebih dari 1300 tahun yang lalu dan juga merupakan yang tertua disana. Selain berendam, kamu juga bisa jalan-jalan di daerah kotanya untuk melihat kuil-kuil lokal beserta pemandangan pegunungan disekitarnya.

Pro-Tip: Ada tata cara yang benar untuk berendam di onsen yang perlu kamu perhatikan kalau berkunjung – pastikan kamu mandi dahulu sebelum berendam dan tidak menggunakan pakaian atau baju dalam apa pun saat berendam. Membawa handuk masuk ke dalam kolam juga dianggap tidak sopan. Bagi ibu-ibu yang sedang mengandung, surat dokter diperlukan untuk memasuki fasilitas onsen demi keamanan ibu dan bayi. Kalau kamu bertato atau sedang mabuk, kamu tidak akan diperbolehkan masuk ke onsen.

Berburu Lampu-Lampu dan Mengikuti Perayaan Akhir Tahun Khas Jepang

image18-1024x680

Perayaan akhir tahun di jepang

Menjelang akhir tahun, kota Tokyo saat malam bak keluar dari buku dongeng yang magical sekali. Dekorasi dan iluminasi cantik natal dipajang di berbagai daerah kota dan tentunya, aktivitas musim dingin di Jepang yang satu ini gratis, tis!

lights

Daerah Shiodome, Tokyo, penuh dengan lampu natal cantik di musim dingin

Beberapa daerah yang bisa kamu kunjungi di Tokyo untuk melihat lampu-lampu natal cantik termasuk Odaiba, Shiodome dan Roppongi. Kalau kamu berencana untuk pergi ke kota-kota lain, kamu juga bisa menikmati pemandangan lampu malam begini di Nagoya, Osaka (Pulau Nakanoshima) dan Kobe. Siapkan kamera terbaikmu untuk memotret momen keren ini kalau ke Jepang di akhir tahun ya!

temple

Acara Joyanokane di kuil

Aktivitas musim dingin di Jepang satu lagi yang harus kamu coba adalah menyaksikan sendiri acara Joyanokane. Menjelang pergantian tahun pada malam 31 Desember, genta yang terdapat di berbagai kuil agama Buddha di Jepang dibunyikan sebanyak 108 kali, 107 kali sebelum jam menunjukkan pukul 00.00 di tahun baru dan 1 kali setelah pukul 00.00. Tradisi memukul genta ini disebut Joyanokane dan 108 dentang genta dalam tradisi ini melambangkan 108 jenis nafsu jahat manusia yang harus dihalau.

Selain Jayanokane, terdapat juga tradisi hatsum?de yang bisa kamu saksikan kalau ke Jepang di awal tahun. Tradisi ini berupa kunjungan pertama ke kuil agama Shinto dan Buddha di awal tahun. Di depan kuil-kuil besar, setelah pergantian tahun, kamu akan bisa melihat kerumunan orang yang menunggu pintu kuil dibuka.

image8

Toshikoshi soba alias mi pergantian tahun Jepang 

Pro-Tip: Kalau ingin benar-benar menghabiskan akhir tahunmu ala orang lokal, wajib deh makan toshikoshi soba pada tanggal 31 Desember. Hidangan yang juga dikenal sebagai mi pergantian tahun ini dimakan untuk melambangkan perhentian semua kesulitan di tahun sebelumnya karena kemudahan mi soba untuk dipotong ketika dimakan.